Kajian Semiotik Puisi
“Tasanda jua Banyu Mata Ngini” Abdurrahman El Husaini
Pengertian Kajian Semiotik
Dari istilah, semiotik berasal dari kata Yunani kuno “semeion” yang berarti tanda atau “sign” dalam bahasa Inggris. Semiotik
merupakan ilmu yang mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan
ekspresi. Di dalam penelitian sastra, pendekatan semiotik khusus meneliti
sastra yang dipandang memiliki sistem tersendiri, sedangkan sistem itu
berurusan dengan masalah teknik, mekanisme penciptaan, masalah ekspresi, dan
komunikasi. Kajian sastra harus dikaitkan dengan masalah ekspresi dan
manusianya, bahasa, situasi, simbol, gaya, dan sebagainya.
Dalam sastra, semiotik menjadi satu istilah untuk
pendekatan. Pendekatan semiotik adalah pendekatan yang bertolak dari pandangan
bahwa semua yang terdapat dalam karya sastra merupakan lambang-lambang atau
kode-kode yang mempunyai arti/makna tertentu. Arti/makna itu berkaitan dengan
sistem yang dianut. Pengetahuan tentang kehidupan masyarakat tidak dapat diabaikan
dalam menganalisis karya sastra dengan pendekatan semiotik.
Ruang Lingkup Kajian
Semiotik
Kajian semiotik yang dikemukakan pada bagian ini
terutama seperti yang dikemukakan oleh Roland Barthes, seorang tokoh semiotik
dari perancis yang mengajak pembaca sastra untuk memperoleh modus transaksi
amanat. Pembaca menjadi tidak sia-sia melakukan interpretasi terhadap makna
karya sastra. Barthes (Djojosuroto,2005:72-74) melakukan pendekatan lima sistem
kode, yaitu (1) kode teka-teki, (2) kode konotatif, (3) kode simbolis, (4) kode
aksian, dan (5) kode budaya.
1.
Kode teka-teki
Kode teka-teki
berkisar pada harapan pembaca mendapatkan nilai kebenaran terhadap
pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam karya sastra (termasuk puisi). Kode
tersebut menjadi (salah satu) struktur pada puisi. Ada suatu kesinambungan
antara pemunculan suatu peristiwa berteka-teki dan penyelesaiannya dalam puisi.
Kode tersebut juga dapat membangkitkan hasrat dan kemauan untuk menemukan
jawaban atas pertanyaan yang dikandung sebuah puisi.
2.
Kode konotatif
Kode konotatif
menawarkan banyak sisi dalam sastra (termasuk puisi). Pembaca menyusun tema
atau pesan pada saat pembacaan. Konotasi kata atau frasa tertentu dalam teks
puisi dapat dikelompokkan dengan konotasi kata atau frasa yang mirip. Dalam
puisi tanda-tanda verbal yang digunakan menemukan keutuhannya. Hal tersebut
disebabkan karena puisi merupakan dunia imajinatif yang lengkap dengan sisi
ruang waktu serta gerak. Kumpulan satuan konotasi mengantarkan pembaca pada
tema atau pesan puisi yang bersangkutan.
3.
Kode simbolis
Kode simbolis adalah
dunia lambang atau dunia personifikasi manusia dalam menghayati arti hidup dan
kehidupan. Simbol pada puisi merupakan aspek pengkodean paling khas yang
bersifat struktural. Pengenalan simbol dilakukan melalui kelompok-kelompok atau
bentuk-bentuk yang teratur. Dapat pul dengan mengulang berbagai macam kode dan
maksud pada teks puisi. Puisi kontemporer (kadang-kadang) penuh dengan
simbol-simbol.
4.
Kode aksian
Kode aksian
mengandung prinsip bahwa perbuatan(-perbuatan) yang dituangkan dalam puisi
melalui bahasa yang disusun secara linier. Kode aksian merupakan perlengkapan
utama teks yang dibaca orang. Semua aksian dapat dikodifikasi dari awal hingga
akhir. Dasar penuangan secara linier itu adalah karena tidak semua aksian dapat
dituangkan secara serentak dalam teks puisi.
5.
Kode budaya
Kode budaya
merupakan acuan teks yang sudah diketahui dan dikodifikasi sehubungan dengan
budaya pada puisi yang tengah dikaji. Kode tersebut merupakan peran
metalingual, yakni pengkajian yang dilakukan dalam masyarakat mengenai hubungan
faktor bahasa dan faktor nonbahasa. Metalingual tampak bila dihubungkan antara
kejadian dalam teks dengan realitas budaya. Budaya itu sendiri dapat berupa
keseimbangan maupun penyimpangan, baik sebagian maupun seluruhnya.
Tasanda jua Banyu
Mata Ngini
Tasanda jua banyu mata ngini paampihannya
Lawan sungai-sungai nang ditabat
Lawan pahumaan-pahumaan nang disaluh manjadi
rumah-rumah ganal bagus
Lawan gunung manggunung nang diruntuhkan
Lawan puhun mamuhun nang ditabangi
Lawan paparutan tanah nang dibungkari
Cuba pian liati janak-janak
Cuba pian janaki pitih-pitih
Amun kumarau
Kumarau balalandangan
Amun musim ujan
Ba ah
saalaman
Musim kada kawa ditangguhi lagi
Nang disangka panas sakalinya ujan sing labatan
Nang disangka ujan sakalinya panas manggatang
Mbah anu ujan mbah anu panas
Mbah anu panas mbah anu ujan
Tasanda jua banyu mata ngini paampihannya
Lawan ingui tangis kita barataan
(Abdurrahman
El Husaini, Doa Banyu Mata, 2011:66)
Kode Teka-teki Puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini”
Kode teka-teki puisi “Tasanda jua Banyu Mata ngini”
karya Abdurrahman El Husaini (2011:66) dapat dikemukakan berdasarkan teks
terhadap puisi tersebut. Teka-teki yang muncul pada puisi tersebut terutama
mengapa si penulis dalam puisi tersebut mengatakan “tasanda jua banyu mata ngini
paampihannya” ? atau dalam bahasa
Indonesia mengapa si penulis dalam puisi tersebut mengatakan bahwa air matanya
telah tergadai setelahnya? pada sebuah puisi kadang-kadang ada teka-teki
(pertanyaan) yang secara tersurat terdapat jawabannya. Ada pula hingga akhir
teks puisi, jawaban terhadap teka-teki tersebut tidak ditemukan.
Pada puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini” teka-teki
(pertanyaan) mengapa si penulis dalam puisi tersebut mengatakan “tasanda jua banyu mata ngini paampihannya” ? secara tersurat terdapat
jawabannya. Bahwa si penulis menyatakan kepedulian dan kesedihannya terhadap
keadaan bumi yang sudah berubah dimasa sekarang akibat pengaruh globalisasi,
khususnya sangat dirasakan pada perubahan musim yang sudah tidak menentu lagi.
Teka-teki tersebut terjawabkan pada kutipan berikut :
Cuba pian liati
janak-janak
Cuba pian janaki
pitih-pitih
Amun kumarau
Kumarau balaladangan
Amun musim ujan
Ba ah saalaman
Musim kada kawa di
tangguhi lagi
Nang disangka panas
sakalinya ujan sing labatan
Nang disangka ujan
sakalinya panas manggatang
Mbah anu ujan mbah
anu panas
Mbah anu panas mbah
anu ujan
Tasanda jua banyu
mata ngini paampihannya
Lawan ingui tangis
kita barataan
Berdasarkan kutipan di atas, dapat diketahui bahwa
mengapa si penulis dalam puisi tersebut mengatakan “tasanda jua banyu mata ngini paampihannya” ? karena si penulis
merasakan kesedihan yang teramat melihat kondisi lingkungan dan bumi yang
berubah, khususnya sangat terasa pada perubahan musim yang sudah tidak menentu
lagi karena pengaruh globalisasi, seperti pada kutipan berikut :
Lawan sungai-sungai
nang ditabat
Lawan
pahumaan-pahumaan nang disaluh menjadi rumah-rumah ganal bagus
Lawan
gunung-manggunung nang diruntuhakan
Lawan puhun-mamuhun
nang ditabangi
Lawan paparutan
tanah nang dibungkari
Kode Konotatif Puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini”
Kode konotatif yang terdapat pada
puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini” terdapat pada kutipan kata-kata “tasanda jua banyu Mata Ngini Paampihannya”
yang terdapat pada bait pertama, larik pertama dan bait terakhir,larik pertama “tasanda jua banyu mata ngini paampihannya”.
Si penulis dalam puisi ini mengungkapkan kesedihannya menggunakan kata-kata
“tasanda”, dalam bahasa Indonesia
arti dari “tasanda” adalah tergadai.
Namun dalam puisi ini menggunakan kode konotatif dimaksudkan bukan menyatakan
bahwa air mata si penulis itu tergadaikan seperti layaknya barang. Namun si
penulis mengatakan air matanya tasanda bermakna tentang kesedihannya, yang ia
nyatakan dengan kata-kata tasanda, kita sendiri dapat mengartikan tasanda itu
bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Betapa kesedihan si penulis melihat
kenyataan bahwa keadaan lingkungan dan bumi dimasa sekarang ini sudah tidak seperti
dahulu lagi, karena pengaruh dari globlisasi, khususnya pada perubahan musim
yang tidak menentu dan berpola seperti dahulu. Tidak ada kata lain dan hanya
air mata yang tak terkira yang mampu ia ungkapkan atas kesedihan yang melanda
pada diri si penulis atas apa yang telah terjadi dan melihat kenyataan keadaan
lingkungan dan bumi seperti saat ini.
Seperti terdapat pada kutipan berikut :
Tasanda
jua banyu mata ngini paampihannya
Lawan
ingui tangis kita barataan
Kode Simbolis Puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini”
Kode simbolis yang terdapat pada puisi “Tasanda jua
Banyu Mata Ngini” yaitu mengenai kesedihan dan tangisan si penulis terhadap
kerusakan yang terjadi di muka bumi oleh tangan-tangan jahil manusia yang hanya
memikirkan kepentingan semata tanpa mau tahu dan peduli dengan dampak yang dihasilkan
olehnya.
Pada tersebut dikemukakan bahwa arus globalisasi yang
begitu pesat tidak dapat dipungkiri telah memberikan dampak yang begitu besar
terhadap perubahan iklim/musim di dunia, kemodrenan dunia yang berkembang saat
ini tidak seimbang dengan upaya perbaikan atas dampak-dampak negatif yang
dihasilkannya.
Simbol globalisasi yang ditampilkan si tokoh dalam puisi
“Tasanda jua Banyu Mata Ngini “ terletak pada kutipan berikut:
Lawan sungai-sungai
nang ditabat
Lawan
pahumaan-pahumaan nang disaluh menjadi rumah-rumah ganal bagus
Lawan
gunung-manggunung nang diruntuhakan
Lawan puhun-mamuhun
nang ditabangi
Lawan paparutan
tanah nang dibungkari
Pada
kutipan di atas terpampang jelas tentang perubahan-perubahan terhadap bumi atas
berkembangnya arus globalisasi. Atas nama kemodernan dan kepentingan segala
macam hal dilakukan.
Simbol
ajakan kepada pembaca juga ditunjukan dalam puisi ini, pembaca diajak untuk
melihat lebih seksama, membuka mata lebar-lebar tentang perubahan musim yang
telah terjadi. Yang apabila sudah terjadi kemarau, kemarau berkepanjangan
begitu pula dengan musim hujan, hujan terus-menerus mengakibatkan banjir
dimana-mana.
Cuba pian liati
janak-janak
Cuba pian janaki pitih-pitih
Amun kumarau
Kumarau balaladangan
Amun musim ujan
Ba ah saalaman
Musim
kemarau yang panjang panjang sering merugikan penduduk, khususnya bagi para
petani dimana banyak lahan pertanian menjadi kering, ternak mati tak ada yang
bisa ia makan karena rumput kering. Bahkan sering terjadinya kebakaran hutan
terutama di pulau Kalimantan dan Sumatra. Tingkat panas suhu bumi pada musim
kemarau saat ini melebihi batas normal. Begitu pula dengan musim hujan yang
berkepanjangan di kota-kota besar dan di daerah-daerah yang hutannya gundul
musim hujan sering mendatangkan bencana banjir. Bencana ini menimbulkan dampak
yang juga begitu besar seperti banyaknya rumah penduduk yang terendam
karenanya. Bahkan tidak sedikit kehilangan harta dan nyawa penduduk yang terkena
musibah tersebut.
Simbol
bahwa telah terjadinya perubahan ditunjukan dengan keadaan musim yang telah
berubah sangat dapat dirasakan oleh kita semua, dahulu perubahan musim selalu
berganti tiap enam bulan sekali. Musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan
Oktober hingga April. Sedangkan musim kemarau terjadi di bulan April hingga
Oktober. Namun sekarang sangat terasa berbeda perubahannya tidak teratur
seperti dahulu. Malahan di masa sekarang ini kita sering mendengar yang namanya
cuaca ekstrim, perubahan musim yang drastis yang terkadang melebihi batas
normalnya seperti pada kutipan berikut,
Musim kada kawa di
tangguhi lagi
Nang disangka panas
sakalinya ujan sing labatan
Nang disangka ujan
sakalinya panas manggatang
Mbah anu ujan mbah
anu panas
Mbah anu panas mbah
anu ujan
Simbol
keprihatinan dan kesedihan terhadap keadaan bumi juga ditunjukan dalam puisi
ini. Banyu mata merupakan simbol dari
keprihatinan dan kesedihan itu. Meskipun menangis hingga air mata kering takkan
mampu membayar dan mengembalikan semua kerusakan yang telah terjadi di muka
bumi. Sekarang setelah apa yang terjadi apa yang mampu kita perbuat ? pada
akhirnya kita semua hanya mampu menangis, meratapi, menyesali semuanya.
Tasanda jua banyu
mata ngini paampihannya
Lawan ingui tangis kita
barataan
Pada
puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini” tersirat juga memberi pesan bahwa pada
saat ini kita harusnya lebih peduli dengan kondisi lingkungan dan bumi yang
sudah tidak lagi bersahabat dengan kita. Seperti
terjadinya penurunan kualitas air permukaan di sekitar daerah-daerah industri,
konsentrasi bahan pencemar yang berbahaya bagi kesehatan penduduk seperti
meningkat tajam dalam kandungan air permukaan dan biota airnya, kelangkaan air
tawar semakin terasa, khususnya di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan
cenderung terjadi banjir yang melanda banyak daerah yang berakibat merugikan
akibat kondisi ekosistemnya yang telah rusak. Temperatur udara maksimal dan
minimal sering berubah-ubah, bahkan temperatur tertinggi di beberapa kota
seperti Jakarta sudah mencapai 37 derajat celcius, Terjadi peningkatan
konsentrasi pencemaran udara dan debu. Sumber daya alam yang dimiliki bangsa
Indonesia terasa semakin menipis, seperti minyak bumi dan batu bara yang
diperkirakan akan habis pada tahun 2020. Luas hutan Indonesia semakin sempit
akibat tidak terkendalinya perambahan yang disengaja atau oleh bencana
kebakaran. Kondisi hara tanah semakin tidak subur, dan lahan pertanian semakin
menyempit dan mengalami pencemaran. Semua hal di atas tidak lain karena hasil
dari perbuatan manusia sendiri yang mengatasnamakan kepentingan dan
globalisasi.
Masih kah kita memandang semua hal tersebut dengan
biasa-biasa saja ? sementara alam tempat
kita berpijak kita tidak lagi bersahabat baik dengan penghuni di dalamnya.
Hendaknya kita harus sadar diri dan bersifat ramah terhadap lingkungan, karena
kita jua lah penghuni bumi itu sendiri.
Kode Aksian Puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini”
Ada beberapa aksian yang terdapat pada puisi “Tasanda
jua Banyu Mata Ngini”. Aksian itu ada yang bersifat aktif dan ada pula yang
bersifat pasif. Aksian yang bersifat aktif-dinamis sesuai dengan struktur
puisi-pertama terletak pada kutipan:
Cuba pian liati
janak-janak
Cuba pian janaki
pitih-pitih
Amun kumarau
Kumarau
balalandangan
Amun musim ujan
Ba ah saalaman
Pada kutipan di atas bentuk aksian aktif si penulis
untuk menunjukkan dan mengajak kepada si pembaca untuk melihat maksud yang
disampaikannya. ”Cuba pian liati
janak-janak, cuba pian janaki
pitih-pitih”, kalimat tersebut berupa aksian aktif berbentuk ajakan agar si
pembaca melihat dengan benar-benar, lebih jelas dan seksama bagaimana keadaan
bumi yang disampikannya melalui puisi tersebut. Yaitu betapa musim sangatlah
berubah, musim kemarau dan musim hujan sudah tidak dapat ditebak lagi, tidak
sesuai dengan pergantian musim yang tepat berganti setiap enam bulan. Bila
sudah musim kemarau, kemarau berkepanjangan. Apabila musim hujan banjir
seluruhnya. Semua ini dikarenakan berasal dari pengaruh adanya globalisasi.
Khususnya pada perubahan musim seperti yang sering kita dengar baik di televisi
maupun lainnya “Global Warming” atau pemanasan global.
Adapun untuk aksian yang bersifat pasif pada puisi ini
yang merupakan jawaban yang berbentuk keprihatinan yang sangat dirasakan oleh
si penulis. Seperti pada kutipan berikut,
Tasanda jua banyu
mata ngini paampihannya
Lawan ingui tangis
kita barataan
Kutipan
di atas merupakan aksian bersifat pasif yang merupakan bentuk keprihatinan
bahwa tak ada yang mampu diperbuat untuk mengembalikan
semuanya seperti semula, keprihatinan atas nasib bumi tempat manusia berpijak. “Tasanda jua banyu mata ngini
paampihannya/lawan ingui tangis kita barataan” menunjukkan pada akhirnya
nanti kita hanya bisa menangisi semua hal yang telah terjadi tanpa mampu
berbuat apa-apa. Indutrialisasi yang merupakan bagian dari globalisasi telah
memberikan dampak negatif yang begitu besar. Air mata yang keluar takkan akan
merubah atas apa yang telah terjadi.
Kode Budaya puisi “Tasanda jua Banyu Mata Ngini”
Kode budaya yang terdapat pada puisi “Tasanda jua Banyu
Mata Ngini” terutama segala sesuatu yang berkenaan dengan apa yang menyebabkan
perubahan pada kondisi lingkungan dan bumi pada masa sekarang. Banyak hal-hal
yang membuat perubahan itu terjadi, yaitu terjadinya globalisasi pada kehidupan
dunia saat ini seperti yang dikutip pada puisi berikut :
Lawan sungai-sungai
nang ditabat
Lawan
pahumaan-pahumaan nang disaluh manjadi rumah-rumah ganal bagus
Lawan gunung
manggunung nang diruntuhakan
Lawan puhun mamuhun
nang ditabangi
Lawan paparutan
tanah nang dibungkari
Berkurangnya lahan-lahan yang memberikan kesejukan untuk
bumi, pohon-pohon yang menyerap gas-gas beracun dikarenakan Sungai-sungai di
tabat/ dibendung, lahan-lahan pertanian di sulap menjadi perumahan,
gunung-gunung yang diruntuh untuk diambil kekayaan yang ada didalamnya,
pohon-pohon yang ditebang, dan isi perut bumi yang dibongkar dan diambil isinya
untuk keperluan manusia semata. Semua itu di lakukan manusia tanpa memikirkan
dampak yang ditimbulkannya.
Dalam memenuhi kebutuhan, manusia pasti akan mengambil dan mengolah sumber
daya yang ada di alam. Dengan kata lain untuk mensejahterakan kehidupan tiap
masyarakat tidak dapat lepas dari alam, sehingga sumber daya yang ada di alam
baik yang bisa diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui akan terus
diambil. Pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat dalam suatu negara juga
bisa diukur dari banyaknya sumber daya yang diolah oleh negara tersebut.
Semakin banyak sumber daya yang diolah oleh sutunegara semakin makmur
masyarakat di negara tersebut, dan sebaliknya. Global warming bisa disebabkan
oleh pengrusakan sumber daya alam oleh manusia, proses industrialisasi juga
mengakibatkan polusi yang bisa merusak alam.
Pemanasan global menjelaskan kenyataan bahwa suhu bumi terus meningkat
dalam tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.
Dengan meningkatnya suhu permukaan bumi, air dan atmosfer bumi secara terus
menerus mengakibatkan perubahan di kebanyakan sistem alam seperti iklim dan
lingkar kehidupan tumbuhan dan hewan dalam efek jangka panjang. Pemanasan global disebabkan oleh efek
rumah kaca dari berbagai macam gas yang ada di atmosfer bumi, secara alamiah
simar matahari mempengaruhi kondisi iklim dan cuaca di bumi. Panas sinar
matahari yang menuju permukaan bumi sebagian diserap dan sebagian akan
dipantulkan kembali oleh gas-gas tersebut, sehingga panas bumi akan terus
terjaga.
Pemanasan global memicu berbagai
ketidakseimbangan dalam lingkungan hidup termasuk di dalamnya manusia,hewan,
dan tumbuhan. Pemanasan global mengakibatkan semakin banyaknya bencana
alam seperti angin topan, banjir, kebakaran hutan, cuaca yang ekstrem, dan lain
sebagainya. Tingkat suhu air terus meningkat, es kutub yang mencair menyebabkan iklim
yang berubah-ubah dan tingkat ketinggian air terus meningkat. Musim yang
berubah-ubah menyebabkan siklus kehidupan hewan dan tanaman tidak sesuai,
tingkat ketinggian air laut menutup sebagian besar mata air jernih di beberapa
bagian dunia. sedangkan kutub merupakan
salah satu bagian bumi yang mengontrol suhu bumi.
Melihat kenyataan bumi yang demikian tidakkah kita juga
turut merasa sedih karenanya. Sehingga tak heran jadilah si penulis
mengungkapkan semua kepedulian dan kesedihannya terhadap bumi ini dengan kata-kata
“tasanda jua banyu mata ngini
paampihannya, lawan ingui tangis kita barataan”. (tergadai juga air mata
ini setelahnya, dengan tangisan kita semua”.
Daftar Pustaka
El Husaini, Abdurrahman. 2011. Doa
Banyu Mata Kumpulan Puisi Bahasa Banjar. Banjarmasin: Tahura Media.
Sulistyowati, Endang dan Tarman Effendi Tarsyad. 2012. Kajian Puisi: Struktural, Semiotik,
Stilistika, Bandingan, dan Sosiologi. Banjarmasin: Scripta Cendikia.
Sulistyowati, Endang dan Tarman Effendi Tarsyad. 2011. Teori dan Sejarah Puisi Indonesia. Banjarmasin: Scripta
Cendikia.
Hapip, Abdul Djebar. 2008. Kamus
Banjar-Indonesia. Banjarmasin: CV Rahmat Hafiz Al-Mubaraq.
markopet.blogspot.com/.../dampak-negatif-globalisasi-terhadap.html
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKa boleh gak foto'in buku karya Abdurrahman El H., yang kaka jadi'in referensi di halaman ini. Ko aku gak dapat2 ya di google. Bisa gak ka tolong foto'in bukunya. ☺
BalasHapus